Studi Hubungan Internasional (HI) adalah suatu studi dengan fokus mencakup dinamika hubungan antar aktor negara dan aktor non negara yang melewati batas-batas wilayah geografis dalam berbagai aspek yaitu politik, ekonomi, budaya, sejarah dan ideologi. Fenomena konflik dan perdamaian merupakan kajian utama mahasiswa HI. Kajian tersebut ipaparkan dalam bentuk teori, studi kasus dan diskusi. Format kelas kecil (30 siswa per-kelas) memungkinkan terciptanya iklim perkuliahan yang interaktif antara mahasiswa dengan para dosen. Program Studi (Prodi) HI mengadakan serangkaian kunjungan studi ke berbagai lembaga asing yang ada di dalam dan luar negeri. Hal ini dimaksudkan untuk memperkaya wawasan mereka dalam berdiplomasi serta menganalisa kawasan Asia Tenggara dan kawasan lain termasuk Amerika Serikat, Asia Timur, Asia Selatan, Timur Tengah, Afrika, serta Australia dan Pasifik. Untuk memahami peradaban dunia, penguasaan bahasa Inggris serta Bahasa Asing lain merupakan bagian dari kurikulum program studi HI.

Visi

Program Studi Hubungan Internasional menjadi pusat pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang studi Hubungan Internasional, khususnya Studi Diplomasi dan Studi Kawasan Asia Tenggara di lingkup nasional, regional dan internasional pada tahun 2025.

Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan tingkat Strata 1 secara kreatif dan inovatif dibidang Hubungan Internasional, khususnya Studi Diplomasi dan Studi Kawasan Asia Tenggara

2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi keilmuan maupun keterampilan dalam bidang Hubungan Internasional termasuk keterampilan berkarya, kecakapan organisasi, kemandirian jiwa, kematangan berfikir, kepekaan dan kritis dalam memahami dan menganalisa fenomena dan masalah internasional, khususnya Studi Diplomasi dan Studi Kawasasan Asia Tenggara.

3. Mengembangkan penelitian dalam bidang Hubungan Internasional yang didasarkan pada analisis kritis terhadap dinamika perkembangan nasional, regional dan internasional khususnya dalam Studi Diplomasi dan Kawasan Asia Tenggara sehingga mampu berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan umat manusia.

4. Melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat dalam upaya meningkatkan kesadaran, kesiapan dan kemampuan masyarakat dalam menghadapi perkembangan isu internasional, khsususnya isu Diplomasi dan Asia Tenggara dalam lingkup nasional, regional dan internasional.

5. Membangun jaringan kerjasama dalam bidang Hubungan Internasional dengan berbagai pihak ditingkat nasional, regional dan internasional dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan penelitian serta pengabdian terhadap masyarakat.

Tujuan

Menghasilkan lulusan dengan kualifikasi:

1. Kompetensi tinggi di bidang studi Hubungan Internasional secara keilmuan maupun praktik, khususnya Studi Diplomasi dan Studi Kawasan Asia Tenggara.

2. Memiliki keterampilan berkarya, kecakapan berorganisasi, kemandirian jiwa, kematangan berpikir dan motivasi tinggi dalam Studi Hubungan Internasional, khususnya Studi Diplomasi dan Studi Kawasan Asia Tenggara sebagai modal individual dalam dunia kerja dan bermasyarakat.

Prodi HI menerapkan kurikulum berbasis kompetensi yang bersifat interdisipliner. Kajian Diplomasi dan Kajian Asia Tenggara yang menjadi konsentrasi utama di Prodi HI merupakan kunci penting bagi mahasiswa untuk memahami posisi Indonesia di dunia Internasional. Mata kuliah bersifat dasar ditujukan untuk membangun budaya berpikir logis dan budaya ilmiah; mata kuliah keahlian dirancang agar mahasiswa mampu melakukan eksplorasi terhadap isu-isu global. Sementara itu, mata kuliah keahlian kawasan ditujukan untuk menuntun mahasiswa untuk memahami negara-negara di kawasan serta fenomena regionalisme; mata kuliah keahlian teori untuk memperkuat kerangka pemikiran para mahasiswa dalam memahami dan melakukan penelitian Hubungan Internasional. Selain itu, mata kuliah keahlian diplomasi dan negosiasi akan mengasah kemampuan para mahasiswa dalam berdiplomasi.

STAFF PENGAJAR

Jane Johnson

Tatok D. Sudiarto

Ketua Program Studi

email : tatok.sudiarto@paramadina.ac.id

Jane Johnson

Emil Radiansyah

Dosen

email : emil.radiansyah@paramadina.ac

Jane Johnson

Asriana Issa Sofia

Dosen

email : asriana@paramadina.ac.id

Jane Johnson

Anies Baswedan

Dosen

email : anies.baswedan@paramadina.ac.id

Jane Johnson

Djayadi Hanan

Dosen

email : djayadi.hanan@paramadina.ac.id

Jane Johnson

Rizki Damayanti

Dosen

email : rizki.damayanti@paramadina.ac.id

Jane Johnson

Very Aziz

Dosen

email : very.aziz@paramadina.ac.id

Jane Johnson

Shiskha Prabawaningtyas

Dosen

email : shiskha@paramadina.ac.id

Jane Johnson

Bima Arya Sugiarto

Dosen

email : bima.arya@paramadina.ac.id

Jane Johnson

Ambar Retnosih Widyantini

Dosen

email : ambar@paramadina.ac.id

Jane Johnson

Muhammad Zein Latuconsina

Dosen

email : muhammad.zein@paramadina.ac.id

Jane Johnson

Anggita Putri Indiralaksmi

Dosen

email : anggita@paramadina.ac.id